Aug 26, 2024

Cara Terbaik Menggunakan Jasa Import China

Jasa import China merupakan salah satu penyedia jasa yang saat ini banyak digunakan masyarakat Indonesia khususnya para pebisnis. Banyak yang menggunakan jasa ini dikarenakan jasa import mampu mengirim barang dari China ke Indonesia dengan sangat cepat.

Biaya pengirimannya juga terbilang cukup murah sehingga pebisnis tidak perlu mengeluarkan banyak uang apabila mengimport barang dari China. Untuk yang belum pernah menggunakan jasa ini sebaiknya lihat ulasan berikut ini agar tahu bagaimana cara terbaik menggunakan jasa import.

Cara Menggunakan Jasa Import Untuk Import Barang 

Cara Terbaik Menggunakan Jasa Import China

Menggunakan jasa import harus berhati-hati karena melakukan kesalahan sedikit saja bisa mendatangkan banyak kerugian untuk konsumen. 

Baca juga:

Agar tidak mengalami kerugian sedikit pun sebaiknya sebelum menggunakan jasa ini untuk import barang harus praktekkan beberapa cara yang ada di bawah ini.

Cari Supplier Barang 

Sebelum menggunakan bantuan jasa import, konsumen harus mencari supplier produk atau barang China terlebih dahulu. Kalau dulu masih agak sulit untuk menemukan supplier yang bagus karena untuk mendapatkannya harus pergi ke China terlebih dahulu. 

Tapi sekarang sudah jauh lebih mudah karena mulai banyak supplier dari China yang menawarkan produk milik mereka melalui marketplace. Kalau memang tidak memiliki waktu untuk pergi ke China bisa memanfaatkan salah satu marketplace yang sekarang sudah mudah diakses.

Dalam melakukan pemilihan supplier ini jangan hanya melihat harga murah yang ditawarkan supplier saja karena yang namanya harga murah kadang tidak sesuai dengan kualitas produk. Agar bisa memperoleh supplier yang berkualitas sebaiknya baca testimoni yang diberikan konsumen supplier terlebih dahulu. 

Usahakan untuk memilih supplier yang sudah mendapatkan banyak testimoni positif karena supplier yang seperti inilah yang dapat dipercaya.

Memilih Produk 

Setelah mendapatkan supplier terpercaya selanjutnya tinggal memilih produk yang akan dibeli. Setiap supplier pastinya menawarkan berbagai macam produk yang dapat dipilih oleh konsumen dan konsumen disarankan untuk memilih produk yang kualitasnya terbaik. 

Untuk mengetahui bagus dan tidaknya kualitas produk bisa membaca review dari konsumen yang sudah pernah membeli produk tersebut. Setelah menemukan produk yang kualitasnya bagus selanjutnya tinggal menentukan jumlah produk yang akan dibeli. 

Kalau tidak ingin mengeluarkan biaya yang cukup banyak sebaiknya beli produk dalam jumlah banyak sekaligus agar nantinya tidak perlu membayar biaya import berulang kali. Pembelian produk dalam jumlah banyak juga bisa membantu konsumen untuk mendapatkan diskon dari pihak supplier.

Melakukan Pembayaran

Setelah memesan produk, konsumen bisa langsung melakukan pembayaran atas pembelian produk tersebut. Kalau membelinya melalui marketplace maka bisa menggunakan berbagai macam metode pembayaran. 

Contohnya pembayaran melalui transfer bank, akun PayPal, kartu kredit dan lain sebagainya. Jika merasa kurang yakin dengan metode pembayaran tersebut bisa juga menggunakan sistem layanan titip dengan bantuan jasa import.

Setelah proses pembayaran sudah selesai dilakukan jangan lupa menyimpan bukti pembayaran. Setelah bukti pembayaran sudah didapatkan bisa langsung melakukan konfirmasi dengan pihak supplier agar produk yang dibeli bisa cepat dikirim. 

Bukti pembayaran ini wajib untuk disimpan karena bisa dimanfaatkan untuk membantu konsumen apabila terjadi masalah tentang pembayaran dengan pihak supplier.

Memilih Jasa Import

Agar tidak repot mengambil barang di China sebaiknya konsumen gunakan jasa import China yang dapat mempermudah proses pengiriman barang. Cara pengiriman barang menggunakan jasa ini terbilang cukup mudah yaitu menentukan terlebih dahulu jasa import yang ingin digunakan. 

Pastikan jasa yang dipilih adalah jasa yang terpercaya dan sudah mempunyai legalitas yang jelas. Setelah mendapatkan jasa tersebut, bisa langsung menghubungi pihak penyedia jasa untuk meminta bantuan mengirim barang dari China. 

Biasanya penyedia jasa akan memberikan pilihan paket pengiriman yang dapat digunakan oleh konsumen terlebih dahulu. Konsumen cukup memilih paket pengiriman yang sesuai dengan kebutuhan. Agar biaya pengiriman tidak terlalu banyak, konsumen bisa memanfaatkan setiap promo yang disediakan penyedia jasa.

Mengurus Dokumen Pengiriman 

Untuk membuat proses pengiriman bisa berjalan lancar maka konsumen harus mengurus dokumen pengiriman terlebih dahulu. Konsumen harus memberikan data packing list serta invoice kepada perusahaan jasa import. Hal ini harus dilakukan agar tidak ada kesalahan saat melakukan proses pengiriman. 

Selanjutnya pihak jasa import akan memberikan marking serta alamat gudang yang ada di China ke pihak supplier agar produk yang dipesan konsumen bisa dikirim supplier ke gudang tersebut. Setelah melakukan proses tersebut, konsumen sudah tidak perlu lagi mengurus proses pengiriman karena pihak yang akan menyelesaikan proses tersebut adalah jasa import. 

Konsumen cukup membayar biaya pengiriman ke penyedia jasa saja. Selanjutnya penyedia jasa akan mengurus Bea Cukai dan mengurus dokumen-dokumen penting lainnya yang dibutuhkan dalam proses pengiriman ini. Selanjutnya konsumen cukup menunggu di rumah sampai barang yang dipesan dikirim penyedia jasa.

Keuntungan Menggunakan Jasa Import Barang China

Memakai layanan jasa import memang harus mengeluarkan uang untuk membayar biaya pengiriman tapi tidak ada salahnya untuk menggunakan jasa ini karena bisa memperoleh banyak sekali keuntungan. Contoh keuntungan yang bisa konsumen rasakan dari penggunaan jasa ini bisa dilihat selengkapnya berikut ini.

Lebih Efisien 

Memanfaatkan jasa ini bisa menghemat waktu pengiriman. Durasi pengiriman barang dari China ke Indonesia bisa mencapai berminggu-minggu apabila pengiriman dilakukan secara mandiri. Kalau menggunakan jasa waktunya hanya beberapa hari saja. 

Pengiriman barang bisa sangat cepat dikarenakan metode pengiriman yang digunakan jasa import sudah disesuaikan dengan jenis paket pengiriman milik konsumen. Contoh metode yang digunakan adalah metode pengiriman melalui jalur laut dan udara.

Biaya Pengiriman Murah

Mungkin banyak yang berpikir kalau biaya pengiriman menggunakan penyedia jasa harganya mahal. Tapi sebenarnya pemikiran seperti itu salah besar karena biaya pengiriman secara mandiri jauh lebih mahal dibandingkan menggunakan jasa. 

Kalau memakai jasa tidak perlu mengeluarkan biaya lain-lain selain biaya pengiriman. Jasa import juga sering menawarkan promo menarik untuk konsumen yang mengirim produk jenis tertentu dengan jumlah yang cukup banyak.

Jika mengirim sendiri biasanya biayanya lebih mahal karena harus mengeluarkan uang untuk biaya makan dan biaya lainnya. Jadi kalau ingin hemat bisa langsung hubungi jasa import apabila ingin mengirim produk China ke Indonesia.

Mendapatkan Bantuan Saat Mencari Supplier

Penggunaan jasa ini bukan hanya menghemat biaya pengiriman saja tetapi juga akan mempermudah konsumen untuk mendapatkan supplier produk berkualitas. Kemudahan ini bisa dirasakan karena pihak jasa import akan membantu konsumen saat sedang mencari supplier. 

Akan ada beberapa rekomendasi supplier yang diberikan jasa import dan konsumen cukup memilih salah satu supplier yang dirasa cocok, baik dari produk maupun harga yang ditawarkan. Jadi untuk konsumen khususnya yang ingin berjualan produk dari China yang masih kesulitan mencari supplier sebaiknya manfaatkan jasa import China yang bisa memberikan berbagai macam keuntungan untuk pebisnis.