Jul 23, 2024

Download Livery Bussid FC Shakhtar Donetsk

Keinginan untuk mengganti stiker bussid akan selalu ada, ketika kita masih memainkan gamenya. Banyak sekali livery bus simulator yang telah tersedia dan belum digunakan. Bagi kamu yang merupakan salah satu penggemar sepak bola, maka postingan ini akan sharing lagi mengenai salah satu klub yang jadi langganan liga champions.

Disini kamu bisa download secara gratis livery bussid shakhtar donetsk yang merupakan sebuah tim sepak bola yang berasal dari ukraina. Telah tersedia livery bus fc shakhtar donetsk dengan kualitas jernih dan juga transparan sehingga cocok dan pas digunakan oleh kamu yang sering bosan dengan tampilan bussid yang ada.

Livery Bus Shakhtar Donetsk

download livery bussid fc shakhtar donetsk

Football Club Shakhtar Donetsk, atau dikenal juga sebagai FC Shakhter Donetsk, adalah klub sepak bola profesional dari kota Donetsk, Ukraina. Klub ini didirikan pada 24 Mei 1936 dan dikenal dengan julukan "Hirnyky" (Penambang) dan "Kroty" (Tikus Tanah). Dalam bahasa Ukraina, klub ini disebut "Футбольний клуб Шахтар Донецьк" dan dalam bahasa Rusia disebut "Футбольный клуб Шахтер Донецк".

Download juga:

Sejak awal berdirinya, Shakhtar Donetsk telah berpartisipasi dalam berbagai kompetisi sepak bola Eropa dan sering menjadi peserta di Liga Champions UEFA. Prestasi besar klub ini adalah menjadi klub pertama di Ukraina yang meraih Piala UEFA pada tahun 2009, sebelum kompetisi tersebut diubah namanya menjadi Liga Eropa. Shakhtar Donetsk adalah salah satu dari dua klub Ukraina, bersama dengan Dynamo Kyiv, yang telah memenangkan kompetisi UEFA.

Namun, karena perang di Donbas pada tahun 2014, Shakhtar terpaksa pindah dari kota asalnya dan bermain di berbagai stadion sementara, termasuk Arena Lviv dan Metalist Stadium di Kharkiv. Sejak Mei 2020, Shakhtar memainkan pertandingan kandangnya di NSC Olimpiyskyi di Kyiv, dan untuk musim 2023-24, mereka kembali bermain di Arena Lviv.

Logo dan Warna Klub

Logo FC Shakhtar Donetsk yang pertama dibuat pada tahun 1936, menampilkan heksagon biru dengan huruf 'S' merah di tengah yang dilintasi oleh palu. Pada tahun 1946, ketika klub berganti nama, logonya diubah menjadi hitam dan putih dengan penambahan nama klub. Pada pertengahan 1960-an, logo tersebut menggambarkan dua palu yang bersilangan dengan tulisan "Shakhtar Donetsk" di lingkaran. 

Logo ini telah menjadi bagian dari kit klub sejak saat itu, kecuali beberapa musim di awal 1990-an. Pada tahun 1989, seniman Viktor Savilov mengusulkan variasi logo shakhtar donetsk dengan elemen bola dan lapangan. Logo ini kemudian dimodifikasi menjadi logo yang digunakan saat ini. Pada tahun 2007, bersamaan dengan presentasi stadion baru klub, logo baru Shakhtar diperkenalkan. 

Untuk pertama kalinya dalam lebih dari 30 tahun, palu bersilangan, simbol tradisional klub, kembali muncul di lambang. Nama klub juga untuk pertama kalinya ditulis dalam bahasa Ukraina dan bukan bahasa Rusia. Sejak tahun 1961, warna resmi Shakhtar adalah hitam dan oranye.

Stadion

FC Shakhtar Donetsk memiliki beberapa stadion yang menjadi markas mereka. Sebelum 2009, mereka bermain di RSC Olimpiyskyi, stadion milik administrasi Oblast Donetsk dan Serhiy Bubka College of Olympic Reserve. Stadion ini dibangun pada masa Soviet untuk klub FC Lokomotyv Donetsk dan kemudian diubah namanya.

Pada 29 Agustus 2009, pembangunan stadion baru mereka, Donbas Arena, selesai dan dibuka. Terletak di Taman Kota Budaya dan Rekreasi, stadion ini memiliki kapasitas 50.149 penonton dan telah dianugerahi rating bintang lima UEFA, rating tertinggi yang bisa dicapai. Sebelum pindah ke Donbas Arena, Shakhtar bermain di Stadion Shakhtar yang dibangun pada tahun 1936 dan telah direnovasi empat kali. 

Stadion ini sekarang digunakan oleh tim cadangan Shakhtar Donetsk. Karena perang di Donbas, sejak 2014 hingga 2016, Shakhtar memainkan pertandingan kandang mereka di Arena Lviv. Setelah jeda musim dingin 2016-17, klub pindah ke Stadion Metalist di Kharkiv. Untuk musim 2023-24, mereka akan bermain di Arena Lviv lagi, dan pertandingan Liga Champions UEFA akan diadakan di Volksparkstadion di Hamburg, Jerman.

Fans dan Julukan

Shakhtar Donetsk adalah salah satu klub sepak bola paling populer di Ukraina, terutama di wilayah Donbas timur. Klub ini memiliki basis penggemar yang besar dan aktif. Riwayat kerusuhan pertama yang melibatkan fans Shakhtar terjadi pada 20 September 1959 dalam pertandingan melawan CSKA Moscow, ketika beberapa puluh pendukung Shakhtar masuk ke lapangan. 

Hal ini mempromosikan perkembangan gerakan fan di Donetsk. Pada awal 1980-an, gerakan fanatisme sepak bola di Donetsk mulai berkembang aktif. Pada awal 2000-an, gaya hooliganisme ala Inggris mulai masuk ke stadion-stadion Ukraina. Pada tahun 2003, selama final Piala Ukraina, terjadi perkelahian sengit antara fans Dynamo dan Shakhtar.

Shakhtar juga memiliki rivalitas lokal dengan klub Metalurh Donetsk, yang dikenal sebagai derby Donetsk. Rivalitas lainnya termasuk pertandingan melawan Spartak Moscow dan Dinamo Tbilisi pada masa Liga Top Soviet. Selain itu, ada Derby Donbas melawan Zorya Luhansk dan pertandingan "Miners vs. Sailors" melawan Chornomorets Odesa.

Koleksi Livery Bussid Shakhtar Donetsk


Yudistira HD

livery bussid shakhtar donetsk

Link Download: Blogger


Download Livery FC Shakhtar Donetsk

  • Livery Football Club Shakhtar Donetsk (Download)

Warna livery dari tim sepak bola shakhtar donetsk ini sangatlah menarik karena menggunakan dua warna yang sangat kontras yaitu merah, oranye dan juga hitam. Hal tersebut merupakan warna yang di pakai oleh logo klub bola fc shakhtar donetsk itu sendiri. Kalau begitu admin akhiri dan selamat mencoba livery bus simulator terbaru ini.