Aug 1, 2024

5 Hal yang Harus Diketahui Sebelum Memulai Final Fantasy XIV

Ketika Anda memulai MMORPG baru, Anda memiliki ekspektasi tertentu. Akan ada kelas, misi, ruang bawah tanah, guild, kerajinan. Tetapi setiap pengembang game memberikan sentuhan unik pada berbagai hal dan Final Fantasy XIV tidak berbeda. Salah satu aspek unik dari Final Fantasy XIV adalah ekonomi dalam game, di mana Anda dapat membeli FFXIV gil untuk membeli item, peralatan, atau bahkan layanan dari pemain lain.

Hal ini dapat menjadi pengubah permainan bagi pemain baru yang ingin maju dengan cepat. Saya mencatat beberapa hal yang paling berguna dan penting yang saya pelajari saat bermain untuk pertama kalinya, termasuk pentingnya memahami ekonomi dalam game.

Tips Bermain Game Final Fantasy XIV

Game Final Fantasy XIV

Beberapa tips lebih banyak membahas tentang pengoptimalan, tetapi jika Anda tidak peduli dengan hal itu, masih ada banyak informasi berguna tentang menjadi Warrior of Light terbaru. Ingatlah, baik itu menguasai kelas kamu atau memutuskan untuk membeli gil FFXIV, setiap keputusan yang kamu ambil berkontribusi pada perjalanan unik kamu di dunia Final Fantasy XIV.

Hal Ini Dapat Membuat Memaksimalkan Pengalaman Menjadi Rumit

FFXIV MSQ memberi Anda semua pengalaman yang diperlukan untuk naik level dan mengikutinya dalam satu kelas/job. Saya sarankan kamu memilih job DPS untuk naik level dengan MSQ. Mengalahkan musuh di dunia terbuka dan instance cerita akan lebih cepat daripada di healer atau tank. Selain itu, penyembuh dan tank memiliki waktu antrean yang jauh lebih singkat untuk dungeon, jadi kamu akan dapat naik level dengan cepat dengan mengulanginya nanti.

Baca juga:

Kamu harus berusaha menjaga level job MSQ-mu tetap sesuai dengan MSQ. Jika kamu berada di bawah level, kamu tidak akan dapat mengambil atau menyerahkan MSQ, tetapi jika kamu berada di atas level, kamu akan mencapai batas level sebelum MSQ, dan akan membuang banyak pengalaman berharga.

  • Jika kamu memiliki atau menggunakan peningkatan pengalaman, kamu akan mengungguli MSQ. Boost yang hanya berlaku pada level rendah, misalnya Brand-new Ring atau Friendship Circlet tidak terlalu berpengaruh dalam skema besar, tetapi boost dari berada di server yang disukai akan bertahan hingga level 70.
  • Mereka mengharapkan kamu untuk melakukan dungeon MSQ pada pekerjaan itu, jadi jika kamu beralih ke tank atau penyembuh untuk waktu antrean yang lebih cepat, kamu mungkin akan menjadi kurang level. Di sisi lain, peningkatan pengalaman seperti yang tercantum di atas dapat menyeimbangkan hal ini, sehingga kamu dapat mendapatkan yang terbaik dari kedua dunia.
  • Anda tidak perlu dan tidak boleh melakukan misi sampingan pada pekerjaan MSQ Anda. Simpan itu untuk menaikkan level job tambahan.Demikian pula, meskipun pengalaman dari FATE (Full Active Time Events) tidak fenomenal, kamu dapat meningkatkan level dengan melakukan banyak FATE.
  • Saya sarankan kamu membuka kunci penyembuh dan/atau tank dan menggunakannya untuk melakukan dungeon opsional dan rolet tugas harian saat kamu membukanya.

Anda Dapat Membuka Semua Pekerjaan Pada Karakter Yang Sama

Hal pertama yang harus diketahui: tidak, kelas dan job bukanlah hal yang sama. Saat kamu membuat karakter, kamu memilih kelas awal. Setelah menyelesaikan pencarian kelas level 10, kamu akan dapat membuka kelas tambahan dengan berbicara dengan ketua serikat di negara kota yang sesuai. Kamu dapat memilih kelas sebanyak yang kamu inginkan pada karakter yang sama, tetapi kamu dapat meningkatkannya secara terpisah. 

Kelas awal Anda hanya menentukan di negara-kota mana Anda memulai, jadi jika Anda ingin berpetualang dengan teman hingga level 15, pertimbangkan untuk memilih kelas yang dimulai di negara-kota yang sama. Anda dapat melihat di negara-kota mana kelas dimulai dengan melihat di sudut kiri bawah layar Anda saat kelas dipilih selama pembuatan karakter.

Setelah menyelesaikan misi kelas level 30, Anda akan menerima batu jiwa sebagai hadiah dan dapat melengkapinya untuk berspesialisasi dalam suatu pekerjaan. Tidak ada alasan untuk tidak melengkapi batu jiwa-itu memberi Anda akses ke lebih banyak aksi setelah level 30. Tanpanya, kamu tidak akan dapat mempelajari keahlian baru apa pun melalui leveling atau job quest. 

Kelas arcanist unik karena memungkinkanmu untuk berspesialisasi ke dalam job DPS pemanggil dan job penyembuh cendekia. Mereka naik level bersamaan tetapi kamu harus melakukan dua jalur job quest yang terpisah untuk mendapatkan semua aksi. Ekspansi tidak memiliki kelas.Kamu cukup membuka job baru dengan menyelesaikan job quest yang sesuai ketika kamu mencapai level yang diperlukan (dan area, dalam kasus job Heavensward).

Job ekspansi dimulai 20 level di bawah batas level baru kecuali di Heavensward, di mana job tersebut dimulai 30 level di bawahnya.Nama-nama quest biasanya cukup jelas menunjukkan job mana yang akan kamu buka, misalnya "Shall We Dance?" untuk penari atau "Taking the Red" untuk penyihir merah.

Anda Tidak Harus Melakukan Setiap Quest Yang Anda Lihat...

Ada beberapa jenis quest yang berbeda di Final Fantasy XIV. Semuanya ditandai dengan simbol tanda seru, tetapi setiap jenisnya memiliki tampilan yang unik. Hampir semuanya terkunci di balik Main Scenario Quests (MSQ). Ikon quest ini berbentuk bulat dengan latar belakang abu-abu dan garis tepi emas menyala.

Misi sampingan memberikan pengalaman yang jauh lebih sedikit dan selalu bersifat opsional. Terkadang mereka memberi Anda minion atau item khusus lainnya sebagai hadiah. Ikon pencarian ini berbentuk seperti tetesan air mata terbalik dengan latar belakang cokelat dan garis tepi emas solid.

Quest fitur membuka berbagai hal seperti ruang bawah tanah dan uji coba opsional, kustomisasi karakter, dan emote. Quest kelas/pekerjaan memiliki ikon yang sama tetapi membuka aksi (kadang-kadang) dan set perlengkapan dengan tampilan khusus pekerjaan di akhir ekspansi. Ikon misi ini mirip dengan misi sampingan tetapi memiliki latar belakang biru dan simbol plus (+) di sudut kiri bawah.

Perlengkapan Bisa Sangat Menyenangkan Atau Menyengsarakan

Ada dua aspek dalam perlengkapan: level yang dibutuhkan untuk melengkapinya dan level item, yang menentukan kualitas keseluruhan item. Adalah normal jika level item rata-rata kamu beberapa atau bahkan beberapa level lebih rendah daripada level kamu saat bermain di awal cerita. Pada level yang lebih rendah, taruhan terbaikmu adalah melakukan tugas Aula Pemula saat kamu mendapatkan akses ke sana pada level 15. 

Ini adalah tugas solo yang kamu lakukan dengan NPC, yang tujuannya adalah untuk mendidikmu tentang dasar-dasar peranmu. Jika Anda benar-benar baru mengenal MMO dan RPG, ini dapat berguna, terutama untuk tips seperti mengingatkan Anda bahwa beberapa pekerjaan memberikan kerusakan ekstra dengan serangan tertentu saat berdiri di belakang musuh atau di sisinya, yang dikenal sebagai posisi. 

Namun, jika ini bukan MMROdeo pertama Anda, lakukan saja apa yang diperintahkan oleh NPC untuk mendapatkan perlengkapan. Apa pun itu, perlu diingat bahwa ada lebih banyak nuansa dan tidak semua informasi yang ada sepenuhnya benar. Anda juga akan mendapatkan Cincin baru setelah menyelesaikan semua tugas, yang meningkatkan pengalaman sebesar 30% pada level 30 ke bawah.

Saat kamu naik level, kamu dapat membeli perlengkapan dari pedagang, membuat sendiri jika kamu memilih untuk mengambil disiplin kerajinan yang relevan, atau membeli barang kerajinan dari papan pasar. Perlengkapan terbaik biasanya dapat ditemukan di peti bawah tanah, jadi pastikan kamu membukanya dan menggulirkan 'need' jika ingin melakukan upgrade.

Setelah Anda mencapai level 50 dan menyelesaikan misi terakhir, Anda akan mendapatkan satu set perlengkapan item level 95 secara gratis, yang memungkinkan Anda untuk melakukan semua konten pasca ekspansi. Namun, perlengkapan terbaik yang bisa didapatkan pada batas level adalah dari Allagan Tomestones of Poetics. Perlengkapan ini memiliki level item yang meningkat secara signifikan untuk mempersiapkan orang untuk ekspansi berikutnya.

Uji Coba Gratis Memang Memberi Anda Akses Ke Heavensward, Tetapi...

Penggemar Final Fantasy XIV, yang ingin menjual game ini kepada teman-teman mereka, akan segera memberi tahu Anda bahwa uji coba gratis ini mencakup Heavensward, ekspansi pertama. Mereka memberi tahu Anda karena A Realm Reborn bisa jadi membosankan, sementara Heavenward memiliki cerita hebat yang benar-benar menarik. 

Namun, kecuali jika Anda tidak ingin menahan diri, Anda mungkin hanya dapat menyelesaikan ARR pada uji coba gratis. Uji coba gratisnya memiliki beberapa keterbatasan. Yang pertama, dan yang mendorong saya untuk membeli game ini, adalah adanya batasan 300.000 gil. Cukup mudah, saya mencapainya tak lama setelah saya menyelesaikan cerita ARR. 

Saya tahu bahwa saya berpotensi memiliki kesempatan untuk menggandakannya selama ekspansi pertama, jadi saya tidak akan duduk di batas atas dan menyalurkan dana ke dalam kekosongan di masa mendatang. Tetapi bagaimana dengan menyimpan gil atau membelanjakannya? Sayangnya, tidak ada cara lain untuk mengatasi batasan tersebut. 

Kamu tidak memiliki akses ke pengikut, NPC untuk disewa yang dapat menyimpan gil dan item untukmu dan menjual barang di pasar. Dan berbicara tentang papan pasar, sistem jual beli pemain, Anda juga tidak memiliki akses ke sana selama uji coba gratis. Pada saat Anda mencapai level 50, ada banyak cara untuk mendapatkan perlengkapan yang jauh lebih baik daripada yang dijual oleh vendor NPC, seperti yang diuraikan di atas. 

Jadi, kecuali jika kamu ingin memberikan gil-mu ke aether, atau mungkin kamu terburu-buru menyelesaikan ARR dan tidak mencapai batas gil, kamu mungkin tidak akan berhasil menyelesaikan Heavensward dalam uji coba gratis.