Jun 27, 2024

Cara Mengatasi Hp Ngelag Saat Bermain Game

Aktifitas bermain game sekarang sudah bisa dilakukan dimana saja. Tidak seperti dulu dimana jika kita ingin bermain game maka kita harus memainkannya di playstation ataupun di pc. Untuk sekarang sih kita sudah tidak perlu melakukan hal itu mengingat kita bisa bermain game hanya dengan modal hp android saja.

Soalnya beberapa permainan yang dulu cuma bisa dimainkan di pc sekarang sudah bisa dimainkan di hp android. Meskipun secara kualitas dan fitur tidak sama seperti versi aslinya. Hanya saja secara grafis dan gameplay sudah bagus sekali. Jumlah game yang ada di android tiap hari kini semakin bertambah. Sehingga kita bisa memilih salah satu genre yang kita sukai.

Cara Agar Hp Tidak Lag

mengatasi ngelag main game

Jenis permainan yang paling umum belakangan ini adalah game moba dan juga battle royale. Supaya kita bisa memainkan kedua genre game ini maka dibutuhkanlah sebuah hp android yang punya spesifikasi bagus. Apalagi game jaman sekarang itu semakin hari semakin berat.  Terutama sejak munculnya hp android dengan kapasitas ram besar dan gpu yang jauh lebih baik. 
Baca juga:

Belum lagi setiap game yang ada pasti selalu ada pembaruan baik itu dari segi performa ataupun segi tampilan. Hal inilah yang menjadi penyebab kenapa terkadang game yang dulu bisa dimainkan secara lancar tetapi malah kini jadi lemot dan ngelag. Lalu kamu penasaran tidak sih bagaimana cara mengatasi hp ngelag saat bermain game? 

Apalagi ketika kita main game online yang sangat kompetitif. Sehingga adanya lag di game yang kita mainkan itu akan sangat mengganggu sekali. Bahkan lag inilah yang bisa jadi penyebab kita bisa kalah saat bermain game online. Maka dari itu disinilah saya akan mencoba memberi solusi untuk mengatasi lag saat bermain game.

Pertama untuk mengatasi hp yang ngelag itu ada beberapa cara tetapi sebelumnya kita harus memastikan dulu. Penyebab dari hp ngelag itu apa. Menurut saya yang bisa menyebabkan hp jadi lag ketika digunakan untuk bermain game adalah gamenya memang berat dan kedua ialah masalah sinyal. Ini adalah dua faktor penyebab lag yang kita alami. Untuk mengatasinya adalah sebagai berikut.

Ganti Koneksi Internet

Masalah lag ini biasa dialami ketika kita bermain game online. Karena untuk bisa main game online secara lancar dibutuhkan koneksi yang sangat stabil agar tidak mengganggu aktifitas bermain gamenya. Cara mengetahui apakah koneksi kita stabil adalah dengan melihat jumlah ping yang kita gunakan. Biasanya di beberapa game online sudah menyediakan sebuah fitur untuk melihat ping internet yang kita pakai.

Angka ping internet yang bagus untuk main game online adalah 50 kebawah. Diatas nilai ini maka jangan heran kalau game kamu bakalan lag banget dan susah untuk dikendalikan. Karena angka ping ini akan sangat berpengaruh sekali di dalam game online. Soalnya nilai ping berikut menunjukkan seberapa cepat game yang kita mainkan mengirimkan perintah ke server. Semakin cepat maka semakin bagus karena si server tadi akan mengirimkan balik informasi yang dikirimkan ke dalam game kita.

Informasi yang dikirim ke dalam server ini bisa bermacam-maam seperti ketika kita menggerakkan karakter, menggunakan skill dan sebagainya. Semakin kecil ping yang kita dapat maka akan semakin cepat pula respon yang dapat kita terima. Semakin besar maka akan semakin jelek karena nanti aka ada delay dari perintah yang kita kirim tadi. Sehingga hal ini akan sangat mengganggu sekali.

Lalu cara mengatasi lag saat main game karena ping ini bagaimana? Mudah saja kok tinggal ganti saja ke koneksi internet ke yang lainnya. Selama beda kartu atau bila perlu gunakan wifi kalau memang ada. Soalnya tidak ada solusi selain ini. Mengingat koneksi internet ini sangat bergantung sekali pada operator yang kita pakai. Kalau memang kita tidak bisa berganti koneksi.

Maka cara lain untuk mengatasi ini ialah pergi ke tempat yang punya sinyal lebih bagus. Hal ini sangat berpengaruh sekali lhoo. Pastikan sebelum main game online apapun silahkan lihat jumlah sinyal yang kamu miliki. Supaya lancar usahakan bar sinyal kamu itu penuh. Hal ini wajib dilakukan agar tidak ada lag saat main gamenya. Soalnya percuma saja kalau sinyal jelek tetapi kamu maksa untuk main. Nanti ujung-ujungnya bakalan kalah karena ngelag.

Tutup Semua Aplikasi Yang Berjalan

Masalah selanjutnya yang bisa bikin hp ngelag ketika dipakai main game ialah habisnya memori ram yang kita miliki. Maka dari itu sebelum main game apa saja ada baiknya kamu menutup semua aplikasi yang sedang berjalan. Karena aplikasi ini akan selalu menggunakan sisa memori ram yang kita miliki kalau tidak ditutup. Semakin banyak aplikasi yang memakai kapasitas memori ram maka akan semakin sedikit ram yang tersedia yang bisa dipakai oleh game yang kita mainkan.

Makanya ada beberapa hp android yang memiliki fitur gaming. Yaitu sebuah fitur yang memungkinkan kita cuma untuk main game saja. Karena fitur ini akan mematikan segala aplikasi yang tidak digunakan. Biasanya fitur ini cuma mengijinkan beberapa perintah saja seperti menerima sms atau menerima telpon saja. Kalau hp kamu punya fitur ini silahkan dipakai karena nanti akan sangat membantu sekali untuk mengurangi lag yang terjadi.

Ganti Ke Pengaturan Rata Kiri

Maksud dari kata rata kiri ialah mengubah pengaturan tampilan game yang kita mainkan menjadi seminimal mungkin. Biasanya khusus beberapa game berat ada sebuah pilihan untuk membuat tampilan grafis game yang kita mainkan jadi bagus banget. Kalau kamu memainkan game semacam ini silahkan ubah semua pengaturan grafis itu ke resolusi paling rendah.

Sehingga semua efek yang bikin berat tidak akan muncul lagi yang nantinya akan sangat berpengaruh terhadap performa game yang sedang dimainkan. Memang sih secara tampilan kurang enak dilihat tetapi mau bagaimana lagi. Karena ini adalah salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menghilangkan lag saat bermain game. Biasanya untuk beberapa game masalah lag bakalan teratasi ketika kita mengubah resolusi tampilan game yang kita mainkan.

Ganti HP Android

Setelah melakukan beberapa hal diatas tetapi game yang kamu mainkan masih saja tetap ngelag maka artinya game itu memang berat banget. Sehingga supaya bisa main dengan lancar maka kamu harus berganti hp atau silahkan cek saja apakah hp yang kamu gunakan itu sudah sesuai dengan spesifikasi minimal untuk main game tersebut? Biasanya kalau ngelag itu berarti ada spesifikasi yang tidak sesuai.

Entah itu di bagian ram yang kurang atau di bagian GPU. Bahkan terkadang lag yang kita alami biasa terjadi ketika game tersebut melakukan pembaruan update. Sebelum update kita bisa main dengan lancar tetapi setelah update gamenya jadi lag banget. Hal ini berarti ada sebuah kode yang diubah yang membuat permainan jadi berat di hp kamu. Kalau semacam ini kasusnya maka solusinya adalah menunggu sampai ada update lagi.

Itulah dia beberapa cara mengatasi ngelag saat bermain game. Semoga cara diatas bisa menjadi solusi buat kamu sehingga kamu bisa menikmati lagi main game dengan lancar. Apalagi game yang kamu mainkan itu seru banget dan juga online. Sehingga adanya lag sedikit saja sudah bisa membuat kita kalah dan sangat mengganggu sekali jalannya permainan yang ada.