Aug 23, 2024

Solusi Mengatasi Keyboard Yang Tidak Berfungsi

Keyboard adalah salah satu komponen yang paling penting. Karena komponen ini sendiri mengirimkan sebuah perintah ke dalam cpu yang nantinya akan di proses dan ditampilkan ke dalam layar. Tanpa ini maka sebagian besar fungsi dari komputer hampir tidak bisa berjalan dengan baik. Keyboard sendiri termasuk ke dalam komponen yang bisa diganti dengan mudah.

Caranya adalah dengan membeli saja keyboard yang baru, apalagi sekarang banyak harga keyboard komputer yang murah. Mulai dari 50 ribuan sampai ratusan ribu, tergantung dari jenis keyboard tersebut. Apalagi keyboard ini ada yang khusus dibuat untuk beberapa kegiatan seperti gaming atau mengetik. Karena keyboard termsuk ke dalam kategori hardware maka bukan tidak mungkin kalau komponen ini bisa rusak.

Cara Memperbaiki Keyboard Laptop Yang Rusak

mengatasi keyboard tidak berfungsi

Nah, kerusakan keyboard ini bisa diatasi dengan cara beli yang baru. Itupun kalau yang rusak itu keyboard komputer atau pc tetapi kalau di laptop? Tentu tidak semudah itu dong. Kenapa? Soalnya ketika keyboard laptop kita rusak entah itu tidak bisa mengetik huruf sebagian atau tidak berfungsi sama sekali. Maka untuk bisa memperbaikinya kita harus membongkar laptop tersebut.
Baca juga:

Maka dari itu kalau keyboard laptop error ada baiknya kamu harus melakukan identifikasi beberapa hal. Supaya kamu tidak salah langkah, yang perlu kita identifikasi adalah yang rusak itu di bagian hardware atau memang ada yang error di bagian software. Dengan mengetahui masalahnya maka kita bisa menentukan solusi yang tepat untuk mengatasi hal tersebut.

Artikel inilah yang akan sedikit memberikan tips solusi mengatasi keyboard yang tidak berfungsi. Terutama keyboard yang ada di laptop, tulisan ini berdasarkan apa yang saya alami baru-baru ini. Karena saya sendiri sudah 3 kali ganti keyboard laptop dalam kurun waktu 1 tahun. Penggantian pertama keyboard tersebut hanya bisa bertahan selama 8 bulan doang.

Lalu penggatian ketiga cuma 1 bulan dan yang terakhir ini baru saja saya ganti beberapa hari yang lalu. Bila dihitung sejak saya menerbitkan artikel in. Nah, lantas apa sih solusi dari keyboard laptop yang tidak berfungsi? Terus bagaimana sih cara memperbaiki keyboard laptop yang error itu? Berikut ini adalah tips yang harus kamu perhatikan.

Pertama mari deh kita pastikan dulu yang rusak dari keyboard kita itu apa. Hal ini wajib dilakukan buat kamu yang punya keyboard laptop tidak berfungsi sama sekali. Apakah masalahnya itu ada di bagian hardware atau keyboard laptop tersebut atau memang di bagian software yang ada pada windows. Untuk mengetahui hal tersebut, silahkan matikan laptop kamu terlebih dahulu setelah itu coba deh akses bios.

Apakah bisa atau tidak? Bila kamu bisa mengaksesnya sedangkan keyboard laptop tidak berfungsi sama sekali maka artinya masalah kerusakan terjadi di bagian software. Tetapi kalau tidak bisa berarti masalahnya terletak di bagian hardware. Untuk bisa mengakses bios sebenarnya mudah banget, caranya adalah dengan menghidupkan laptop tersebut setelah itu sebelum masuk loading silahkan tekan tombol f2 berkali-kali.

Nanti kamu akan masuk ke dalam pengaturan bios secara otomatis. Kalau tombol F2 tidak bisa digunakan, silahkan tekan tombol lain yang sesuai dengan merk laptop kamu. Bisa itu tombol Del ataupun F4, silahkan cari sendiri tombol yang benar. Kalau sudah silahkan dilihat apakah sudah bisa masuk bios apa tidak dengan keyboard laptop error tersebut? Kalau bisa silahkan, tekan beberapa tombol yang sebelumnya rusak tadi.

Disini tombol yang bisa kita tekan itu cukup terbatas banget. Cuma tombol kanan, kiri, atas dan bawah. Tetapi kamu bisa mengakalinya dengan pergi ke pengaturan yang memungkinkan kita untuk mengetikkan banyak tombol. Nah, sampai disini seharusnya kita tahu. Bila keyboard yang rusak tadi bisa berfungsi pada kondisi pengaturan bios mak artinya yang rusak itu terletak di bagian software.

Kalau begini silahkan restart laptop kamu dan jalankan seperti biasa. Setelah itu silahkan tekan tombol windows+r untuk memunculkan kotak RUN. Cara lainnya bisa dengan mengarahkan kursor mouse ke ikon windows lalu klik kanan. Nanti disana akan ada pilihan menu RUN, silahkan pilih itu. Setelah itu nanti akan muncul sebuah kolom yang bisa kita masukkan sebuah perintah.

Di kolom tersebut silahkan ketikkan "devmgmt.msc" (tanpa tanda petik) lalu tekan OK. Kalau sudah nanti akan muncul jendela baru yang bernama Device Manager. Kalau sudah silahkan cari menu atau tulisan Keyboard dan tekan ikon segitiga di bagian samping. Kalau sudah silahkn klik kanan pada tulisan "Standard PS/2 Keyboard" lalu klik uninstall. Tulisan Standard PS/2 Keyboard ini bisa saja berbeda tergantung dari laptop yang kita gunakan.

Setelah di uninstall nanti akan muncul peringatan untuk melakukan restart. Kalau sudah klik saja OK dan nanti laptop tersebut akan restart dengan sendirinya. Silahkan tunggu sampai loading selesai sampai kamu bisa masuk ke dalam menu desktop. Bila sudah silahkan cek apakah keyboard laptop tidak bisa mengetik huruf tadi bisa digunakan atau tidak? Bila tidak maka masalah selanjutnya terletak di bagian hardware.

Kalau sudah begini maka solusi memperbaiki keyboard laptop error tersebut ialah dengan menggantinya yang baru. Solusi ini juga berlaku untuk keyboard laptop tidak berfungsi sebagian. Karena kalau kasusnya seperti itu maka yang rusak itu di bagian keyboardnya dan perlu penggantian yang baru supaya bisa berfungsi kembali. Lantas, kalau keyboard laptop error semacam itu bisa tidak sih diperbaiki tanpa harus ganti baru?

Jawaban saya sih tidak bisa, kecuali khusus untuk keyboard yang ada tombol menekan sendiri. Kalau semacam ini masih bisa sedikit diatasi tanpa melakukan penggantian selama tombol keyboard yang menekan dengan sendirinya itu jarang sekali digunakan. Caranya bagaimana? Tinggal matikan saja penggunaan tombol tersebut. Sehingga khusus untuk tombol menekan sendiri itu kita buat menjadi tidak berfungsi supaya tidak mengganggu fungsi tombol lain.

Cara ini sendiri masih belum saya coba karena saya belum pernah mengalaminya sehingga kurang tahu apakah efektif atau tidak. Tetapi layak banget dicoba sebelum kamu memutuskan untuk melakukan penggantian keyboard yang baru. Solusi lain yang bisa digunakan untuk mengatasi keyboard yang tidak berfungsi ialah dengan cara menggunakan keyboard eksternal.

Tinggal beli saja keyboard baru, baik itu yang pakai kabel atau tanpa kabel pun tidak masalah. Yang paling penting adalah kenyamanan keyboard tersebut ketika dipakai. Saya sendiri ketika keyboard saya rusak, saya memakai keyboard eksternal untuk sementara sampai keyboard laptop yang rusak tadi sudah saya perbaiki. Cara ini pun juga bisa dijadikan solusi permanen buat yang tidak ingin melakukan penggantian keyboard yang baru.

Apalagi mengganti keyboard itu cukup mahal bila dilakukan di tukang servis. Sehingga tinggal pilih saja cara mana yang lebih kamu sukai. Yap, itulah dia sedikit tips dan solusi dari saya untuk kamu yang memiliki keyboard laptop error dan rusak. Baik itu tidak berfungsi sebagian atau tidak berfungsi sama sekali. Semoga tulisan ini bisa sedikit membantu masalah yang kamu alami.