Jul 14, 2024

Harga Ganti Keyboard Acer Original

Berapa sih harga untuk mengganti keyboard acer original? Apalagi kalau keyboard yang kamu pakai itu sudah rusak. Umumnya masalah kerusakan keyboard itu ada beberapa, pertama adalah tombol tidak berfungsi, lalu tombol cuma fungsi sebagian dan yang terakhir adalah tombol menekan sendiri atau ketika ditekan sekali malah jadi double. Bila keyboard kamu mengalami hal semacam ini maka hal itu berarti sudah waktunya untuk ganti.

Kerusakan keyboard sendiri sebenarnya merupakan masalah yang umum dan sering kita alami. Mengingat masa pakai keyboard itu antara 2 sampai 5 tahun dan bahkan ada juga yang bisa lebih. Tergantung dari pemakaian kita, hal yang biasa membuat sebuah keyboard menjadi rusak adalah terkena cairan seperti air atau minuman yang lainnya. Mengingat keyboard sendiri terbuat dari lapisan plastik tipis yang disebut dengan membran.

Biaya Ganti Keyboard Acer Original

harga ganti keyboard acer

Plastik tersebut di lapisannya terdapat sebuah jalur warna hitam yang berfungsi seperti kabel. Nah, kerusakan yang terjadi pada keyboard umumnya jalur inilah yang terputus atau tidak tersambung. Entah karena memang sudah berumur sehingga terkelupas atau terkena debu. Cara memperbaiki keyboard dengan kerusakan semacam ini sih sebenarnya cukup mudah saja kok.
Baca juga:

Yaitu tinggal disambungkan saja jalur yang rusak itu menggunakan kabel tipis seperti kabel dari headset atau earphone atau bisa juga meggunakan alumunium foil. Selama kerusakan keyboard tidak terlalu parah, maka dengan cara seperti itu kita sudah bisa memperbaikinya. Hanya saja untuk mengetahui jalur yang rusak inilah yang sedikit sulit karena dibutuhkan alat multimeter untuk mendeteksinya.

Cara lain ialah dengan cara menggantinya atau beli keyboard baru. Saya sendiri sudah mengalami penggantian 3x pada keyboard laptop acer yang saya miliki. Oleh karena itu disini saya ingin membagikan pengalaman mengenai penggantian keyboard laptop acer aspire e14 milik saya itu. Yang jadi pertanyaan utama ialah ketika pertama kali keyboard kita rusak adalah berapa sih biaya penggantian keyboard tersebut?

Untuk harga keyboard laptop acer original adalah sekitar Rp 850.000 rupiah. Harga tersebut sudah termasuk harga spare part dari keyboard itu sendiri. Perhitungannya adalah sebagai berikut, untuk spare part keyboard doang itu sekitar Rp. 676.500,- (exclude Tax 10%). Ini adalah harga yang saya dapat ketika bertanya ke servis center resmi milik acer melalui email.

Harga spare part keyboard ini sendiri bisa berubah sewaktu-waktu dan harganya pun bervariasi tergantung dari model laptop acer yang kita miliki. Kalau yang diatas itu adalah harga keyboard laptop acer aspire e14 untuk model e5-475-5574. Tetapi saya kurang yakin apakah harga keyboard laptop original acer itu sudah tepat atau tidak. Karena di email sendiri customer service salah menyebutkan model laptop yang saya miliki.

Lalu selanjutnya ialah harga untuk perbaikan atau servis, harganya itu Rp 165.000 Rupiah. Jadi kalau ditotal harga perbaikan ganti keyboard acer original adalah sekitar 1 jutaan. Lha kok banyak banget? Iya, perhituangan penggantian keyboard seperti ini: 676.500 + 67650 + 165000 = 909150. Saya jelaskan lebih lanjut 676.500 (harga keyboard) + 67650 (harga pajak 10%) + 165000 (biaya servis).

Angka tersebut saya bulatkan jadi 1 juta karena harga keyboardnya bisa bervariasi. Selain itu biaya tersebut pun masih belum pasti, bisa saja jadi lebih murah tetapi setidaknya kalau memang ingin mengganti keyboard ada baiknya siapkan uang lebih. Yang perlu kamu ketahui ialah biaya ganti keyboard tersebut adalah harga kalau kamu melakukan penggantian di servis center resmi.

Kalau di servis biasa sih menurut saya jauh lebih murah kok. Totalnya sekitar 300 ribuan yang sudah termasuk harga spare part dari keyboard laptop kamu. Untuk biaya servis sih sangat bervariasi yaitu sekitar 50 ribu sampai 200 ribuan. Jadi kalau ingin tahu mending kamu tanya saja langsung terhadap tukang servis itu sendiri. Namun, kalau ingin lebih murah mending kamu beli keyboard sendiri secara terpisah.

Cuma 100 ribu saja kamu sudah dapat keyboard baru untuk laptop acer kamu tersebut. Saran saya kalau kamu punya laptop acer aspire e14 dengan model yang sama seperti yang saya miliki. Silahkan beli keyboard yang ada lingkaran putih besar di bagian tombol power. Kalau keyboard original acer kan cuma ada lingkaran putih tipis biasa kan? Nah, kalau keyboard beli itu ada 2 jenis.

Yaitu simbol yang ada di tombol power itu mirip dengan aslinya dan ada juga yang lingkarannya beda. Saran saya kenapa pilih yang lingkaran beda? Karena hal ini menyangkut masalah kenyamanan pemakaian dari keyboard itu. Saya menggunakan keyboard yang punya model sama dengan aslinya tetapi penggunaannya tidak nyaman banget. 2x saya memakai keyboard yang mirip dengan aslinya tetapi tidak enak dibuat untuk mengetik.

Sedangkan yang sebelumnya itu enak banget tetapi entah kenapa cuma bertahan 1 bulan doang. Makanya saya sampai penasaran dan tanya berapa sih harga keyboard acer original untuk model aspire e14. Karena saya ingin mengganti keyboard laptop acer ini dengan yang asli supaya tidak cepat rusak dan enak dipakai untuk mengetik. Hanya saja karena harganya mahal jadi saya urungkan saja deh.

Selain itu saya sendiri pun juga belum tahu apakah harga keyboard laptop acer aspire e14 tadi sudah termasuk palmrest atau tidak. Palmrest ini apa? Palmrest adalah bagian top cover atau casing atas. Karena sebenarnya keyboard yang ada pada laptop acer ini itu bersatu dengan casing atas. Sehingga kalau diganti kita harus mengelupas bagian plastik yang menahan keyboard itu sendiri.

Makanya jangan kaget kalau setelah penggantian keyboard, rasanya sedikit beda karena keyboard laptop baru kamu itu sedikit lebih ke dalam. Namun menurut saya harga 600 ribuan seharusnya itu sudah termasuk harga dari top cover keyboard itu sendiri. Kalau tidak berarti mahal banget, makanya saya mengganti keyboard dari acer aspire milik saya ini secara sendirian.

Sehingga biaya penggantian keyboard yang saya keluarkan itu cuma beli spare part doang. Yaitu tepatnya 89 ribu saja. Sudah termasuk biaya ongkir, tetapi karena saya dapat free ongkir maka harga yang harus saya bayar cuma 62 ribu saja. 7 ribu biaya ongkir karena subsidi ongkir yang saya dapat cuma 20 ribu doang. Lalu ganti keyboard itu susah tidak sih? Menurut saya gampang dan susah, susahnya adalah ketika kita tidak tahu cara membuka laptop kita.

Karena nanti untuk bisa mengganti keyboard laptop maka kita harus melepas beberapa kabel seperti fan, motherboard, kabel ke touchpad, kabel power, kabel lcd, kabel baterai dan lainnya. Jadi waktu membuka laptop ini untuk pertama kali kita harus berhati-hati. Supaya tidak ada kabel yang putus, setelah itu baru deh kita lepas penahan keyboard yang ada. Kalau sudah baru kita pasang dan kembalikan lagi.

Karena semuanya sudah menggunakan kabel flexible maka penggantian keyboard laptop ini cuma bongkar pasang doang layaknya pc. Kalau kurang yakin mending saran saya ganti saja keyboard kamu ke tukang servis. Hanya saja sebagai peringatan silahkan buka cover bagian belakang laptop kamu dan foto bagian ram serta haardisk yang kamu miliki. Kalau bisa sih foto semua komponen yang ada.

Soalnya ada beberapa tukang servis nakal yang mengganti beberapa komponen yang kita miliki. Jadi kalau memang ada yang diganti kamu bisa tahu dan melakukan protes. Itu saja sih sedikit tips dan informasi mengenai penggantian keyboard laptop acer ini. Hal ini sebenarnya berlaku untuk semua merk termasuk asus, toshiba, lenovo ataupun hp. Meski di beberapa tipe cara menggantinya itu tidak sama.