Jun 29, 2024

Mengenal Pesona Burung Tengkek Udang

Setiap orang memiliki hobi yang berbeda-beda, salah satunya adalah memelihara burung. Bahkan burung peliharaan sendiri seringkali membuat iri seorang istri karena suami mereka yang punya hobi memelihara burung lebih perhatian ke hewan peliharaannya dibandingkan istrinya sendiri. Dimana memang untuk burung dibutuhkan perhatian dan kasih sayang yang lebih.

Karena burung sendiri adalah salah satu peliharaan yang rentan mati. Jenis burung sendiri ada banyak, bahkan jumlah burung yang ada di indonesia itu mencapai 1810 spesies. Namun tidak semua jenis biasa dipelihara, umumya yang sering dipelihara adalah burung dengan kicauan yang indah dan bulunya yang menawan.

Info Burung Tengkek

Burung Tengkek Udang

Salah satu burung yang menjadi favorit pemelihara burung adalah burung tengkek. Disini saya akan membahas tentang info burung tengkek udang. Karena jenis fauna satu ini ada banyak salah satunya adalah tengkek buto. Nama lain sebutan untuk satwa udara satu ini adalah burung cekakak. Hewan satu ini memiliki bulu yang indah dengan kicauan yang cukup berat.

Baca juga:

Karena keindahan dan kicauan tersebutlah burung ini suka dipelihara oleh kebanyakan orang. Burung ini sendiri termasuk ke dalam jenis Alcedinidae dan satwa berikut dibagi menjadi tiga suku yaitu: Alcedinidae, Halcyonidae, dan Cerylidae. Burung tengkek udang sendiri termasuk ke dalam hewan karnivora pemakan udang, dimana biasanya hewan ini ditemukan di dekat sungai yang banyak udangnya.

Jumlah burung tengkek di indonesia tergolong banyak, meski hanya sedikit sekali yang bisa melihatnya di satwa liar. Ciri burung tengkek sendiri adalah dilihat dari warnanya yang dominan biru disertai dengan warna hitam dan biru sebagai ciri khas warna utama dari burung ini. Untuk makanannya sendiri burung tengkek udang biasanya suka makan ikan kecil, udang, pelet lele sampai jangkrik pun juga mau.

Hewan ini sendiri sering diperjualbelikan dengan harga yang lumayan mahal, yaitu berada di kisaran 1 juta hingga 2 jutaan tergantung dari burung itu sendiri. Bahkan tidak sedikit orang-orang mencari suara burung tengkek mp3 yang digunakan sebagai pancingan. Bila di luar negeri, burung tengkek memiliki julukan bernama Kingfishers.

Dimana populasinya sendiri berada di wilaya Asia, Afrika, Eropa dan juga Oceania. Yaitu wilayah australia dan papua nugini. Burung tengkek udang memiliki paruh yang panjang dengan kakinya yang kecil, dimana paruh atau moncong ini sangat berguna untuk menangkap masa di dalam air yaitu makanan mereka yang berupa ikan kecil atau udang. 

Hampir semua burung tengkek memiliki bulu yang indah, meski sebagian spesies jarang sekali ditemukan di indonesia. Contohnya dalah seperti burung tengkek warna kuning dengan nama lain Syma torotoro. Burung ini hanya bisa ditemukan di beberapa wilayah seperti papua nugini atau papua barat. Yup, itulah dia sedikit info burung tengkek biru yang bisa saya bagikan. Masih banyak pesona keindahan satwa lainnya yang cukup populer di indonesia.